Skip to main content

Cara Memilih Lakban Untuk Keperluan Packing di Industri

 Sebuah industri/ pabrik tidak lepas dari kegiatan pengiriman barang dan pengemasannya. Untuk urusan pengemasan diperlukan perekat yang kuat agar produk tahan dan tidak rusak selama masa distribusi atau ketika disimpan di dalam gudang. 


Lakban Industri merek Nihon


Lakban adalah produk yang sering digunakan untuk pengepakan, baik untuk pengepakan ukuran kecil hingga besar. Jika dalam pengepakan menggunakan lakban sembarangan, maka jatuhnya industri akan rugi karena barang bisa rusak, tidak awet, dan hilang. Untuk itulah diperlukan tips dalam memilih lakban yang baik, terutama untuk industri. 

1. Perhatikan Ketebalan (satuan micron)

Lakban memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Untuk kegiatan industri, paling tidak untuk packing sedang 20 kg - 50 Kg bisa menggunakan lakban dengan ketebalan 43 micron atau lebih amannya 45 micron. Jika untuk packing melebihi itu, bisa gunakan lakban khusus atau yang memiliki ketebalan 50 micron. 

2. Jangan Tergiur harga Murah

Perekat seperti lakban, diatawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Khusus industri, jangan tergiur dengan harga yang murah, karena biasanya yang dijual murah memiliki ketebalan minim 40 micron. Atau bisa jadi harga murah adalah produk gagal (rijek) yang dijual kembali, tentunya kualitas akan berbeda dengan barang non rijek. 

3. Pilih Lakban Bergaransi Ukuran

Pernah melihat keterangan ukuran lakban, misalkan 48 mm x 90 Y, apakah benar semuanya berukuran panjang 90 Y? Bisa dipastikan tidak. Untuk industri, carilah lakban yang ukurannya sesuai dengan apa yang tertulis, supaya tidak terjadi pembengkaan biaya operasional untuk pengepakan. Pilih lakban yang berani menjamin garansi ukuran (guaranteed size). Lakban dengan label guaranteed size akan memberikan garansi penggantian lakban jika ukuran tidak sesuai (tentunya dengan bukti sah). 

4. Roll Lakban Tidak Bergemlombang

Jika roll lakban sudah bergelombang dan tidak mulus maka dapat dipastikan lakban tersebut berkualitas jelek atau merupakan produk yang sudah lama. Lakban yang sudah bergelombang bisa dipastikan daya rekat kurang dan akan mudah putus.

5 . Lebih Baik Guanakan Lakban Waterbased. 

water based (biasa disebut juga acrylic water) digunakan untuk lakban yang memiliki daya tahan/ awet untuk segala cuaca serta ketahanan yang kuat selama penyimpanan. Untuk lebih jauh tentang lakban water based bisa dibaca di sini!

6. Lakban Bersertifikasi Ramah Lingkungan

Jika industri makanan atau obat-obatan, tentunya harus memperhatikan kemasannya dong! Jangan sampai kualitas produknya bagus namun karena pengepakannya buruk terutama bau lakban dari zat kimianya meradiasi produk maka produk akam menjadi tidak sehat. Untuk itulah tanyakan pada produsen lakban, sejauh mana sertifikasi ramah lingkungan yang dimilliki? 

Semua kriteria lakban yang baik untuk Industri seperti di atas dimiliki oleh lakban Nihon Industrial. Ketebalan, ukuran, fisik produk, bahkan sertifikasi ramah lingkungan sudah tidak diragukan lagi dan dapat dibuktikan. Informasi pemesanan di : telepon (024) 8604 1773 , WA : 08112888017, dan email info@nihonsp.com. 

Comments