Skip to main content

Tips Packing Shop Online

 Memiliki shop online dan berjualan secara online adalah hal yang sangat lumrah sekarang ini. Selain pelanggan yang luas, shop online memberikan kemudahan dalam berbelanja karena tidak perlu mendatangi toko fisik. 

Namun, ketika Anda terjun ke dalam shop online, hal penting yang perlu diperhatikan adalah masalah pengepakan (packing) produk yang akan dikirim. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan packing produk shop online, diantaranya : 

1. Gunakan packing seperti kardus atau kayu jika barang mudah pecah. Pastikan juga jangan        menggunakan kemasan bekas. Hindari hanya meggunakan packing plastik, karena mudah rusak dengan gonjangan atau cuaca.

2. Lapisi bagian dalam dengan pelapis seperti bubble wrap. Untuk menghindari goncangan, khususnya produk yang rapuh, peru adanya pelapis di dalam kemasannya, bisa berupa bubble wrap atau yang lainnya. 

3. Gunakan perekat/lakban yang baik. Sesuaikan ketebalan (micron) dengan ukuran packing. Jika hanya perlu untuk packing dengan berat 1 kiloan, Anda cukup menggunakan lakban dengan ukuran 40 mikron. 40 micron cukup untuk menahan beban packing hingga 10 kg. Ada beberapa ukuran ketebalan lakban yang ada dipasaran, yaitu 40 micron, 43 micron, 45 micron, hingga 50 micron. 

4. Tempelkan pula label peringatan tentang perlakukan terhadap paket, misalkan jangan dibanting atau barang mudah pecah.

5. Berikan apresiasi dengan stiker atau kartu ucapan terima kasih. Karena stiker apresiasi adalah wakil senyuman dan sapa ramah Anda terhadap konsumen online Anda. 



Comments