Skip to main content

Hati-Hati Ukuran Lakban Bisa Bohong!

Lakban menjadi hal yang sudah tidak asing lagi bagi kehidupan manusia. Menggunakan Lakban atau pita perekat dalam kehidupan sehari-hari di rumah tentu tidak mempertimbangkan ukuran lakban dan merek pun biasanya diabaikan. 



Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya kalau mau mengukur ukuran lakban seringnya tidak sesuai dengan ukuran aslinya, hal itu terjadi terutama pada produk non garansi ukuran. Mungkin bagi pengguna rumahan tidak menyadari atau tidak peduli dengan ukuran yang selisih 2-3 meter, karena penggunaan lakban di rumah yang jarang. Namun, bagi pelaku industri, ukuran lakban yang kurang dari aslinya tentu sangat merugikan perusahaan. Selisih 1-2 meter dalam 1 roll akan berdampak bagi proses packing yang mencapai ribuan atau bahkan ratusan ribu packing. Perusahaan bisa rugi hingga puluhan juta jika salah memilih lakban yang ukurannya bohong. 


Lalu bagaimana agar pabrik atau perusahaan yang mengandalkan lakban untuk packing produk tidak mengalamai kerugian karena ukuran lakban yang tidak sesuai? Konsumen harus berani mengadu beberapa produk yang ditawarkan untuk diujicoba, misalkan saja lakban ukuran panjang 90Y biasanya bisa untuk packing 20 kardus, maka lakban yang diujicoba harus mampu untuk packing 20 kardus, jika kurang dari itu bisa dipastikan lakban tersebut berbohong dalam urusan panjang. 


Lalu ciri lain untuk mengetahui panjang lakban itu tidak bohong, Anda bisa lihat pada core lakban biasanya ada tulisan Guaranteed Size. Jadi lakban yang berani menjamin ukurannya tidak bohong akan berani menanggung garansi ukuran. 

Tidak banyak produk lakban yang berani memberikan garansi ukuran. Seperti produk dari PT Nihon Sampoerna packindo dengan brand Nihon Industrial Tape, semua produknya termasuk BPOP Tapenya bergaransi ukuran (dengan tulisan Guaranteed Size) pada Core lakbannya, dan sampai sekarang belum ada komplain atau meminta ganti produk karena memang Lakban Nihon ukurannya TIDAK BOHONG! Selain ukuran, tentunya ketebalan dan perekatan lakban perlu diperhatikan. Semua ciri bagus tersebut ada pada lakban Nihon Industrial Tape dari PT Nihon Sampoerna Packindo, yang berkantor di MT Haryono 323-325 Semarang. 

Lakban bergaransi merek Nihon


Informasi pemesanan dan Prize list bisa menghubungi link : https://linktr.ee/nihon

Comments