Skip to main content

Mitos Tentang Corona yang Masih Dipercaya

Corona atau Covid-19 sedang mewabah di Dunia terkhusus Indonesia. Banyak mitos-mitos yang berkembang yang menyebabkan masyarakat kebingungan tentang informasi mana yang benar dan mana yang salah.

Berikut ini beberapa Mitos tentang Covid-19 yang masih dipercaya dan hingga sekarang belum ada penelitian pendukung tentang kebenaran info tersebut.


  •  Mitos yang beredar, semprot Tubuh dengan klorin/alkohol membunuh virus Corona di dalam Tubuh. Faktanya, penyemprotan klorin dan alkohol pada tubuh justru berbahaya jika terkena mata, mulut, atau kulit yang sensitif. 


  • Mitos yang kedua beredar mitos bahwa hanya orang dewasa dan usia lanjut yang beresiko terkena virus Corona. Faktanya virus ini bisa menulari siapapun termasuk anak-anak dan balita dari beberapa kasus yang terjadi. Namun memang, Orang Tua atau yang memiliki bawaan penyakit bisa berbahaa jika terinfeksi. 

  • Beredar kabar bahwa penyebaran virus Corona tidak bisa menginfeksi manusia yang tinggal di wilayah bersuhu panas seperti Indonesia. Padahal waktanya, kasus yang berkembang daerah atau negera bersuhu panas misalkan di Timur Tengah dan Tropis banyak warganya yang terinfeksi 




  • Mitos berikutnya adalah, dengan meminum alkohol dapat mencegah terinfeksi Virus Corona, karena dipercaya alkohol dapat membasmi Corona yang ada di tubuh Manusia. Padahal fakatanya, Corona Menginfeksi alat pernapasan manusia dan tidak ada hubungannya dengan minuman beralkohol yang diminum. Justru minum alkohol berbahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Mitos kelima yaitu Covid-19 atau virus Corona dapat menular melalui gigitan nyamuk. Padahal faktanya virus Corona hanya menular melalui tetesan/dopet dari penderita yang telah terinfeksi. Sedangkan nyamuk hanya bisa menyebarkan bakteri. 


  • Mitos terbaru yang berkembang adalah beredar Video di Social Media menyatakan bahwa air rebusan bawang putih yang diminum langsung mampu menyembuhkan Corona. Faktanya hingga sekarang tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan air rebusan bawang putih mampu sembuhkan Corona. 



Comments