Skip to main content

Langkah Beralih Dari Bisnis Offline Ke Online

Perkembangan teknologi Digital mendorong usaha/bisnis yang awalnya Offline beralih ke Online untuk menambah pelangan lebih banyak, atau mengkombinasikan offline dan online. Berikut ini langkah sederhana bagaimana mengalihkan bisnis dari Offline ke Online? 



1.  Memanfaatkan Social Media


Hal pertama dan termudah dalam memulai bisnis Go Online adalah memanfaatkan Social media untuk media promosi dan interaksi. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan Social Media untuk bisnis online adalah; Jangan campur akun pribadi denga nakun bisnis. Karena hal itu akan membuat tampak tidak profesional. Lalu lebih banyak interaksi daripada promosi, buat nyaman pengikutmu dengan tidak "bombardir" dengan konten promosi terus-menerus. 


2. Bangun Website

Jika bisnis Offline kantor/toko/tempat usaha berupa gedung atau ruko, maka setelah bisnis Go Online kamu bisa memanfaatkan website sebagai office kamu. Gunakan domain yang sesuai dengan bisnis yang kamu kembangkan. Jika harga pembuatan website mahal, kamu nisa manfaatkan Blog. Dengan website, bisnis akan lebih profesional dan dipercaya oleh pengunjung. 


3. SEO & Konten Creator 


Jika sudah punya website/blog, agar bisnis cepat dikenal orang, maka harus memanfaatkan SEO dan COntent Creator. SEO adalah usaha untuk sering memunculkan website ke dalam halaman utama mesin pencarian seperti Google. Konten menarik diperlukan juga dalam pengisian website. Agar orang tertarik berlama-lama di dalam website sebelum akhirnya membeli/order produk yang kamu tawarkan.

4. Manfaatkan Marketplace


Apapun Bisnismu, entah berjualan barang atau jasa, daat memanfaatkan marketplace untuk mempromosikan dan berjualan. Selain mudah, potensi pasar yang luas berada di sana. 

5. Pasang Iklan Tertarget


Kamu wajib memasang iklan tertarget jika ingin langsung mendapatkan hasil. Kamu bisa gunakan iklan di Google ads, FB ads, atau IG Ads. Kamu akan mendapatkan pasar sesuai target bisismu dengan beriklan disana, memang perlu mengeluatkan sedikit biaya untuk membayar iklan, tetapi hasilnya lumayan kok bisa berlipat-lipat dari sebelumnya. 

6. Email Marketing


Manfaatkan Email marketing untuk menjaring calin pelanggan agar menjadi pelanggan setia produkmu. Kamu dapat memberikan juga Email newsletrer untuk pelanggan agar mengikuti perubahan atau update dari produk dan jasa yang ditawarkan. 


Jadi sudah siapkah kamu Move On dari bisnis Offline ke Bisnis Online?



Informasi pemesanan : 

Datang langsung ke PT Nihon Sampoerna Packindo, MT Haryono 323-325 Semarang, kontak 


(024) 8604 1773) 

Comments