Skip to main content

Inilah Aplikasi Untuk Work From Home yang Bisa Kamu Andalkan

Merebaknya Covid-19 membuat pemerintah memberlakukan bekerja, sekolah, dan beribadah sari rumah. Dunia  kerja di Indonedia, bekerja dari jarak jauh belum menjadi tradisi atau kebiasaaan masyarakatnya. Di tengah wabah Covid-19 ini, mau tidak mau semua pekerjaan dikerjakan dari rumah dan jarak jauh. 

Namun tenang, di tengah perkembangan teknologi, Anda masih bisa bekerja jarak jauh dan rapat jarak jauh menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini : 

1. Zoom

 Zoon merupakan aplikasi untuk rapat Virtual  dengan konsep berbagi layar. Tersedia versi free namun hanya membatasi durasi rapat yang hanya 40 menit saja. Jika tidak ingin dibatasi durasinya, maka pengguna dapat upgrade ke layanan Premium. 


2. Google Drive
Google Drive digunakan untuk menyimpan file baik dokumen, foto, video, dan file pekerjaan lainnya. Pengguna hanya perlu memilki akun GMAIL untuk dapat mengakses dan membagikan file yang ada di dalamnya. 

Jadi walaupun sedang bekerja di rumah, Anda masih bisa membagikan dokumen ke rekan kerja yang juga bekerja di rumah. 

3. Team Viewer
Ingin mengakses server atau komputet yang ada di kantor, namun posisi mengharuskan bekerja dari rumah? Anda bisa memanfaatkan remote dekstop seperti Team Viewer. Aplikasi ini bekerja selayaknya remote, yang melakukan pekerjaan ke komputer secara jarak jauh. 

Untuk bisa menggunakan Aplikasi ini, kedua komputer harus sudah terinstal Team Viewer. 

4. Google Hangout Meet 



Google hangout merupakan salah satu aplikasi buatan Google yang digunakan untuk rapat virtual/ jarak jauh. Aplikasi ini dapat digunakan hingga 250 peserta dalam sebuah video conference. 

Sejatinya aplikasi ini berbayar, namun Google menggratiskan Hangout Meet hingga 1 Juli 2020 guna mendukung gerakan Work From Home untuk memutus rantai penularan Covid-19. 

5. Skype For Business

Skype for Bussines merupakan produk dari Skype yang dapat digunakan untuk penunjang bisnis. Fitur untuk bisnis ini lebih lengkap seperti pesan singkat, panggilan video, dan transfer file. 

6. Microsoft Team

Ruang kerja bernasis oborlan di Office 360 itulah taglline dari Microsoft Team. Sebuah aplikasi dari Microsoft yang menyatukan orang-orang, obrolan, konten, dan perangkat Office lainnya. Microsoft team ini sangat cocok untuk keperluan bekerja dari rumah, dengan tetap menghadirkan kelengkapan fitur di dalamnya. 

7. Slack 

Slack merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan Dropbox, Google Docs, dan lain-lain. Selain itu, Slack mendukung komunikasi team di dalam pekerjaan. 

8. Chrome Remote Dekstop


9. Google ClassRoom


Tidak adil rasanya jika hanya membahas apliksi kantoran saja untuk penunjang bekerja di rumah. Bagi pekerja dibidang pendidikan (guru/pengajar), dapat memanfaatkan Google Classroom untuk pembelajaran jarak jauh/daring. 

Dengan Google Classroom guru dan murid masih tetap dapa berinteraksi meskipun dipisahkan oleh jarak, karena sekolah diliburkan. 

Itulah tadi 9 aplikasi untuk bekerja di rumah, dan sebenarnya masih banyak lagi aplikasi sejenisnya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.  






Comments