Skip to main content

6 Langkah Mendaftar kartu Prakerja

Pemerintah baru-baru ini mengeluarkan kartu prakerja, yang mana bukan hanya diperuntukkan korban PHK dan yang masih menganggur, tetapi juga diperuntukkan pekerja yang ingin meningkatkan keahliannya. 

Sebagai informasi, pemilik kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar 3,5 juta ketika pandemi Covid-19, dengan perincian insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan (selama empat bulan), bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Kartu Prakerja ini rencananya dibagikan kepada 5,6 juta orang, terutama yang terkena PHK, pekerja informal, dan pekerja di usaha kecil yang terkena dampak Covid-19. Untuk mendapatkan kartu Prakerja, Anda perlu mendaftarkan diri ke website resminya di prakerja.go.id, dan berikut ini langkah-langkahnya : 

 Langkah 1 : Persiapan Awal 

Sebelum memulai mendaftar ke dalam website prakerja.go.id, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini : 

  1. email aktif
  2. nomor HP aktif
  3. foto KTP (ukuran max 2 MB)
  4. Foto selfie dgn KTP (ukuran masimal 2 MB)
  5. HP/komputer terkoneksi internet untuk mendaftar
Langkah 2 : Pendaftaran Awal



Setelah semua keperluan untuk pendaftaran siap, Anda dapat buka website prakerja.go.id : 
  1. Masuk ke dalam website resmi prakerja.go.id
  2. klik/masuk ke menu Daftar Sekarang, masukkan Email dan Password yang ingin Anda gunakan. Pastikan Email yang Anda daftarkan sesuai masih aktif. 
  3. Centang syarat ketentuan (saya menyetujui)
  4. Lalu klik tombol Daftar!
Langkah 3 : Verifikasi Email 


Jika telah selesai mendaftarkan diri, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini : 
  1.  Masuk ke dalam email, lalu buka inbox dari prakerja.go.id, klik verifikasi Email Sekarang. 
  2. ketika browser terbuka dan verifikasi berhasil, Anda dapat langsug login kembali ke website prakerja.goid
Langkah 4 : Verifikasi KTP, Data Diri, dan nomor HP


Pada tahap selanjutnya, Anda akan mengisi data untuk verifikasi KTP, data diri, dan no HP: 
  1. Untuk verifikasi KTP isikan nomor KTP sesuai dengan yang Anda miliki
  2. Pada tahap verifikasi data diri, Anda dapat mengisikan biodata, lalu diharuskan upload foto KTP da selfi dengan memegang KTP. (banyak yang gagal dilangkah ini, karena tidak memperhatikan ukuran foto yang maksimal hanya 2 MB saja)
  3. Pada verifikasi nomor HP, masukkan nomor HP aktif milik Anda dan akan mendapatkan SMS untuk mendapatkan kode OTP, dan masukkan kode OTP tersbut ke kolom yang tersedia. 
Langkah 5 : Tes Motivasi & Kemampuan Dasar



Jika proses veridikasi nomor HP telah selesai, Anda akan mengikuti tes kemampuan dasar. Tenang tes ini mudah kok, tetapi persiapkan diri Anda untuk menjawab soal-soal yang diajukan ya. Jika tes sudah selesai hasilnya akan dievaluasi, dan Anda telah menuju tahap akhir pendaftaran. 

Langkah 6 : 


Langkah Akhir, setelah selesai tes, Anda dapat menuju menu Daftar gelombang, lalu klik tombol Gabung. Menu Daftar Gelombang ini merupakan jadwal pendaftaran yang Anda lakukan dan melihat jadwal akhir pendaftaran. Tunggu hasil pendaftaran ini, Anda akan mendapatkan kabar terpilih atau tidak untuk mendapatkan kartu Prakerja dari pemerintah. 

Itulah tadi langkah-langkah dalam pemdaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Prakerja, semoga bermanfaat. 

Comments

  1. When I read good content I like to make sure I thank the writer, so thank you. Your article is well-written (of course) and just what I like to read. Goid is also uses as a hip new word for good. People rarely also uses this word to refer to rascal kids as goid. Define Dictionary Meaning is an easy to use platform where anyone can create and share short informal definition of any word. Best thing is, its free and you can even contribute without creating an account.

    ReplyDelete

Post a Comment