Skip to main content

Fakta Unik Diciptakannya Lakban

Pita perekat atau biasa disebut lakban, merupakan pita perekat yang identik dengan warna hitam atau coklat dengan ukuran besar. Pernahkan Anda memikirkan kapan lakban diciptakan dan mengapa diciptakan? Berikut ini beberapa fakta tentang bagaimana lakban diciptakan.



Ø  Diciptakan pada perang dunia ke-2
Lakban awalnya diciptakan oleh divisi Permacel Johnson & Johnson selama Perang Dunia II untuk militer. Militer secara khusus membutuhkan pita tahan air yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban dari kasus amunisi. Inilah mengapa lakban pertama yang asli hanya datang dalam warna hijau tentara.

Ø  Pertama kalinya disebut Duct “Bebek” Tape
Tidak ada informasi yang pasti kenapa jenis perekat ini disebut dengan Bebek “Duct” Tape. Sebuah teori alternatif adalah bahwa mereka menyebutnya demikian karena itu menyerupai strip kapas bebek. Yang mana yang benar atau apakah itu kombinasi keduanya, tidak diketahui, tetapi dalam kasus apa pun mereka menyebut rekaman baru ini "Bebek".

Ø  Selepas Perang Dunia Usai Lakban Menjadi Serba Guna
Selepat perang Dunia usai, terjadi sisa produksi Lakban dan akhirnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Para produsen pun memproduksi lakban dengan warna selain hijau untuk keperluan menambal barang, memperbaiki perabotan, dan lain-lain. Namun ada satu hal yang dilarang pada saat itu, yaitu lakban dilarang digunakan untuk menambahl saluran air, karena selain murah rapuh dan lakban juga mengandung zat berbahaya untuk kesehatan.


Dari asal muasal terciptanya lakban ini, terus berkembang hingga saaat ini dengan tampilan dan fungsi yang beragam. Itulah beberapa fakta tentang diketemukannya lakban.

Comments